Terjemah "Syuruthul A'immah", karya al-Hafizh Ibnu Mandah - Bag. 2/2


 
Thabaqat pertama setelah tabi’in awwalin, (yaitu ulama’) yang mengutip riwayat dari tabi’in tersebut dan layak dijadikan sebagai hujjah
1.       Di kalangan penduduk Madinah, adalah:
  • Muhammad bin Muslim bin Syihab az-Zuhri
  • (Tiga bersaudara): Yahya,
  • ‘Abdurabbihi, dan
  • Sa’ad bin Sa’id bin Qais al-Anshari
  • Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdurrahman bin ‘Auf
  • ‘Abdurrahman bin al-Qasim bin Muhammad bin Abi Bakr
  • Hisyam bin ‘Urwah bin az-Zubair bin al-‘Awwam
  • Ishaq bin ‘Abdullah bin Abi Thalhah al-Anshari
  • Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm
  • (Dua bersaudara): ‘Abdullah, dan
  • Muhammad bin Abi Bakr bin Muhammad
  • ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman bin Ma’mar Abu Thawalah
  • Muhammad bin Ibrahim bin al-Harits at-Taymi
  • Abu Hazim Salamah bin Dinar
  • Abu az-Zinad ‘Abdullah bin Dzakwan
  • Zaid bin Aslam, maula ‘Umar bin al-Khaththab t
  • Syuraik bin ‘Abdillah bin Abi Namir
  • Abu al-Aswad Muhammad bin ‘Abdirrahman
  • Shalih bin Kaysan
  • (Tiga bersaudara): Musa,
  • Muhammad, dan
  • Ibrahim bin ‘Uqbah
  • Rabi’ah bin Abi ‘Abdirrahman
  • Bukair bin ‘Abdillah bin al-Asyajj
2.       Setelah mereka, di kalangan penduduk Madinah, adalah:
§      Malik bin Anas al-Ashbahiy Abu ‘Abdillah
§      ‘Ubaidillah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Ashim bin ‘Umar
§      (Tiga bersaudara): ‘Umar,
§      Waqid, dan
§      ‘Ashim bin Muhammad bin Zaid
§      Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Abi Dzi’b
§      Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim az-Zuhri
§      (Dua bersaudara): Muhammad, dan
§      Ismail bin Ja’far bin Abi Katsir
§      Sulaiman bin Bilal Abu Ayyub
§      Fulaih bin Sulaiman
§      ‘Abdul ‘Aziz bin Abi Hazim bin Dinar
§      Ya’qub bin ‘Abdirrahman az-Zuhri
§      Hafsh bin Maysarah ash-Shan’ani
§      Mughirah bin ‘Abdirrahman al-Makhzumi
§      ‘Abdul ‘Aziz bin Muhammad bin Abi ‘Ubaid
3.       Lalu, setelah mereka di kalangan penduduk Madinah adalah:
§      Hatim bin Isma’il Abu Isma’il, aslinya dari Kufah
§      Ma’an bin ‘Isa al-Qazzaz
§      Isma’il bin Abi Uwais, anak dari saudara perempuan Malik bin Anas
[Kemudian],
1.       Di kalangan penduduk Makkah, adalah:
§      ‘Amr bin Dinar
§      ‘Abdullah bin Abi Najih
§      ‘Abdullah bin Thawus
§      Isma’il bin Umayyah
§      Ayyub bin Musa
§      Hanzhalah bin Abi Sufyan
§      Saif bin Sulaiman
2.       Setelah mereka itu, di kalangan penduduk Makkah, adalah:
§      ‘Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij
§      Zakariya bin Ishaq
§      Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran al-Hilali
§      Fudhail bin ‘Iyadh Abu ‘Ali
3.       Sesudahnya, di kalangan penduduk Makkah, adalah:
§      ‘Abdullah bin Yazid, al-muqri’, aslinya dari Bashrah
§      Sa’id bin Manshur al-Balakhi
§      Muhammad bin Idris Abu ‘Abdillah asy-Syafi’i
§      ‘Abdullah bin Zubair al-Humaydi
§      Muhammad bin Yahya bin Abi ‘Umar
Dan, diantara penduduk Yaman, adalah:
§      ‘Abdullah bin Thawus, saya masukkan juga sebagai ulama’ Makkah
§      Ya’la bin Muslim, saya masukkan juga sebagai ulama’ Bashrah
§      Hisyam bin Yusuf, qadhi Shan’a
§      ‘Abdurrazzaq bin Hammam bin Nafi’
[Kemudian],
1.       Diantara penduduk Kufah, adalah:
§      Abu Ishaq ‘Amr bin ‘Abdillah as-Subai’iy
§      Sulaiman bin Mahran Abu Muhammad al-A’masy
§      Al-Hakam bin ‘Utaibah Abu ‘Abdillah
§      Isma’il bin Abi Khalid Abu ‘Abdillah
§      ‘Abdul Malik bin ‘Umair al-Lakhmi al-Qibthi
§      ‘Abdul Malik bin Maysarah az-Zarrad
§      Manshur bin Mu’tamir as-Sulami Abu ‘Attab
§      Salamah bin Kuhail, bergelar Abu Muhammad
§      Habib bin Abi Tsabit, bergelar Abu Yahya
§      Hushain bin ‘Abdirrahman as-Sulami
§      Abu Hushain ‘Utsman bin ‘Ashim
§      Sayyar bin Wardan Abu al-Hakam
§      Thalhah bin Musharrif al-Yami
§      Zubaid bin ‘Abdirrahman al-Yami
§      Sa’id bin Masruq at-Tsauri
§      Firas bin Yahya al-Kharifi
§      Washil bin Hayyan al-Ahdab
§      Bayan bin Bisyr Abu Bisyr al-Bajali
§      Mughirah bin Miqsam Abu Hisyam adh-Dhabbiy
§      Mutharrif bin Tharif al-Haritsi
§      Abu Malik Sa’ad bin Thariq al-Asyja’i
§      Abu Hayyan Yahya bin Sa’id bin al-Hayyan
§      ‘Umarah bin al-Qa’qa’ bin Syubrumah
§      Zakariya bin Abi Za’idah
§      Sa’id bin Abi Burdah bin Abi Musa al-Asy’ari
§      Buraid bin ‘Abdillah bin Abi Burdah
§      Qais bin Muslim al-Jadali, tabi’in
§      Malik bin Mighwal
§      Abu al-‘Umaish ‘Utbah bin ‘Abdillah
2.       Setelah itu, diantara penduduk Kufah, adalah:
§      Sufyan bin Sa’id bin Masruq ats-Tsauri
§      Mis’ar bin Kidam al-Hilali
§      Zuhair bin Mu’awiyah Abu Khaytsamah al-Ju’fi
§      Syaiban bin ‘Abdirrahman Abu Mu’awiyah
§      Za’idah bin Qudamah Abu ash-Shalt ats-Tsaqafi
§      Jarir bin ‘Abdil Humaid adh-Dhabbi, belakangan pindah ke Rayy
3.       Setelah mereka, diantara penduduk Kufah, adalah:
§      Waki’ bin al-Jarrah Abu Sufyan
§      Yahya bin Zakariya bin Abi Za’idah
§      ‘Ali bin Mis.har
§      Hafsh bin Ghiyats
§      Muhammad bin Khazim Abu Mu’awiyah
§      Muhammad bin Fudhail
§      Abu Khalid Sulaiman bin Hayyan al-Ahmar
§      ‘Abdullah bin Idris bin Yazid al-Awdi
§      Marwan bin Mu’awiyah al-Fazari
§      Hammad bin Salamah Abu Salamah
§      ‘Abdullah bin Numair Abu Hisyam
§      Muhammad bin Bisyr Abu ‘Abdillah al-‘Abdi
§      Abu Nu’aim al-Fadhl bin Dukain
4.       Dan, setelah mereka, diantara penduduk Kufah, adalah:
§      (Dua bersaudara): Abu Bakr, dan
§      ‘Utsman bin Abi Syaibah
§      Muhammad bin ‘Abdillah bin Numair al-Hamadani
§      Abu Kuraib Muhammad bin al-‘Ala’ bin Kuraib al-Hamadani
§      Hannad bin as-Sariy Abu as-Sariy
§      Abu Sa’id ‘Abdullah bin al-Asyajj
[Kemudian],
1.       Diantara penduduk Bashrah dan Wasith, adalah:
§      Qatadah bin Di’amah, bergelar Abu al-Khaththab
§      Yahya bin Abi Katsir, bergelar Abu Nashr
§      Tsabit bin Aslam al-Bunani Abu Muhammad
§      ‘Abdul ‘Aziz bin Shuhaib
§      Humaid bin Tirwaih ath-Thawil
§      Yunus bin ‘Ubaid bin Dinar
§      Ayyub bin Abi Tamimah as-Sakhtiyani
§      Khalid bin Mahran al-Hadzdza’
§      ‘Abdullah bin ‘Aun bin Arthuban
§      Manshur bin Zadzan
§      Sa’id bin Yazid Abu Salamah
§      Sa’id bin Iyas al-Jariri
§      Hisyam bin Hassan al-Firdausi
§      Qurrah bin Khalid as-Sadusi
§      ‘Auf bin Abi Jamilah al-A’rabi
§      Asy’ats bin ‘Abdil Malik
§      Habib bin Syahid Abu Muhammad
2.       Sesudah mereka, diantara penduduk Bashrah, adalah:
§      Syu’bah bin al-Hajjaj bin al-Ward
§      Sa’id bin Abi ‘Arubah
§      Ma’mar bin Rasyid
§      Hammad bin Zaid bin Dirham
§      Hammad bin Salamah bin Dinar
§      Abu ‘Awanah al-Wadhdhah
§      Husyaim bin Basyir Abu Mu’awiyah
§      Wuhaib bin Khalid
§      Rauh bin al-Qasim
§      Hisyam ad-Dastawa’iy
§      Hammam bin Yahya
§      ‘Abdul Warits bin Sa’id
§      Sulaiman bin Mughirah
§      ‘Abdul ‘Aziz bin al-Mukhtar
§      Shakhr bin Juwairiyyah bin Asma’
§      Khalid bin ‘Abdillah
§      Ar-Rabi’ bin Muslim
3.       Setelah mereka, diantara penduduk Bashrah, adalah:
§      Yahya bin Sa’id al-Qaththan
§      ‘Abdurrahman bin Mahdi
§      Isma’il bin ‘Ulayyah
§      ‘Abdul Wahhab bin ‘Abdul Majid ats-Tsaqafi
§      Mu’tamir bin Sulaiman
§      Khalid bin al-Harits
§      Muhammad bin Ibrahim bin Abi ‘Adiy
§      Mu’adz bin Mu’adz al-‘Anbari
§      Yazid bin Zuraiy’
§      Abu Dawud Sulaiman bin Dawud
§      (Dua bersaudara): Bahz, dan
§      Ma’la bin Asad
§      Muhammad bin Bakr al-Barsani
§      Muhammad bin al-Fadhl bin an-Nu’man ‘Arim
§      Muhammad bin Jahdham
§      Abu ‘Ashim adh-Dhahhak bin Makhlad
§      (Dua bersaudara): Hajjaj, dan
§      Muhammad bin al-Minhal
§      Sulaiman bin Harb
§      Hudbah bin Khalid al-Qaysi
4.       Dan, setelah mereka, di kalangan penduduk Bashrah, adalah:
§      ‘Ali bin ‘Abdullah bin Ja’far al-Madini
§      ‘Amr bin ‘Ali bin Bahr
§      Muhammad bin Basysyar Bundar
§      Muhammad bin al-Mutsanna Abu Musa al-‘Anziy
[Kemudian],
1.       Diantara penduduk Syam dan al-Jazirah, adalah:
§      ‘Abdurrahman bin ‘Amr al-Awza’i
§      Sa’id bin ‘Abdul ‘Aziz
§      Muhammad bin al-Walid az-Zubaidi
§      ‘Abdurrahman bin Yazid bin Jabir
§      (Dua bersaudara): Zaid, dan
§      Mu’awiyah bin Salam
§      Syu’aib bin Abi Hamzah
2.       Sesudah mereka, di kalangan penduduk Syam, adalah:
§      Al-Walid bin Muslim Abu al-‘Abbas al-Qurasyi
§      Yahya bin Hamzah al-Hadhrami
§      Muhammad bin Harb
§      Abu Mis.har ‘Abdul A’la bin Mis.har al-Ghassani
§      Yahya bin Shalih al-Wahazhiy
3.       Setelah mereka, diantara penduduk Syam, adalah:
§      ‘Abdurrahman bin Ibrahim Duhaim
§      Muhammad bin ‘Auf bin Sufyan
§      Abu Zur’ah ‘Abdurrahman bin ‘Amr an-Nashri ad-Dimasyqi
[Kemudian],
1.       Di kalangan penduduk Mesir dan Aylah, adalah:
§      Yazid bin Abi Habib
§      Sa’id bin Abi Hilal
§      ‘Amr bin al-Harits bin Ya’qub
§      ‘Uqail bin Khalid al-Ayli
§      Yunus bin Yazid bin [Abi an-Najad] al-Ayli
§      Al-Laits bin Sa’ad
2.       Setelah mereka, adalah:
§      Haywah bin Syuraih
§      Bakr bin Mudhar
§      Mufadhdhal bin Fudhalah
3.       Dan, setelahnya lagi, adalah:
§      ‘Abdullah bin Wahb bin Muslim
§      Sa’id bin al-Hakam bin Abi Maryam
§      Yahya bin ‘Abdillah bin Abi Bukair
[Kemudian],
1.       Diantara penduduk Khurasan, Rayy dan al-Jabal, adalah:
§      Ibrahim bin Thuhman Abu Sa’id
§      Abu Hamzah Muhammad bin Maimun
§      Husain bin Waqid
2.       Sesudah mereka, adalah:
§      ‘Abdullah bin al-Mubarak al-Marwazi
§      An-Nadhr bin Syumail
§      Al-Fadhl bin Musa
3.       Dan, setelahnya, adalah:
§      Qutaibah bin Sa’id al-Baghlaniy
§      Ishaq bin Ibrahim bin Rahawaih
§      Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il al-Bukhari
§      Muhammad bin Yahya adz-Dzuhali
§      Muslim bin al-Hajjaj an-Nisaburi
Kemudian, ilmu semua ulama’ terdahulu yang kami sebutkan diatas bermuara kepada para imam Ahli Hadits berikut ini, yaitu:
1.       Ahmad bin Muhammad bin Hanbal Abu ‘Abdillah
2.       Yahya bin Ma’in Abu Zakariya
3.       ‘Ali bin ‘Abdillah bin Ja’far bin Najih al-Madini Abu al-Hasan
4.       (Dua bersaudara): Abu Bakr, dan
5.       ‘Utsman bin Abi Syaibah
6.       Abu Khaytsamah Zuhair bin Harb
7.       Muhammad bin ‘Abdillah bin Numair

Thabaqat para perawi hadits dari segi diterima maupun ditolaknya (riwayat yang mereka kutip)
Sesudah mereka semua, ilmu para penduduk berbagai kota dan imam beragam negeri yang telah kami sebutkan diatas bermuara kepada ulama’ berikut, yaitu:
1.       Mereka adalah ulama’ yang menguasai ilmu ini dan juga (mengetahui mana riwayat) yang shahih, yaitu:
§      Muhammad bin Isma’il al-Bukhari Abu ‘Abdillah
§      Al-Hasan bin ‘Ali al-Hulwani
§      Muhammad bin Yahya adz-Dzuhali
§      ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman as-Samarqandi
§      Abu Zur’ah ar-Razi
§      Abu Hatim ar-Razi
§      Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi Abu al-Husain
§      Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy’ats as-Sijistani
§      Abu ‘Abdirrahman Ahmad bin Syu’aib an-Nasa’i
Mereka adalah thabaqat yang diterima (riwayatnya) tanpa perdebatan, dan ilmu mereka (layak) dijadikan hujjah terhadap semua orang.
2.       Thabaqat kedua, yaitu mereka yang (riwayatnya) diterima oleh sebagian ulama’ yang menguasai ilmu ini dan mampu memilah (mana yang kuat dan lemah), namun ditolak oleh sebagian yang lain, yaitu:
§      Abu az-Zubair Muhammad bin Muslim bin Tadrus
§      Suhail bin Abi Shalih
§      Al-‘Ala’ bin ‘Abdurrahman
§      Abu Nadhrah al-Mundzir bin Malik bin Qith’ah
§      Simak al-Hanafi
§      Thalhah al-Ayami
§      Dawud bin al-Hushain al-Madani
§      Mathar al-Warraq
§      Ziyad al-A’lam
§      Khalid bin Dinar Abu Khaldah al-Bashri
§      Muhammad bin ‘Amr bin ‘Alqamah
§      Muhammad bin Ishaq bin Yasar
§      Hamzah bin Habib az-Zayyat
§      ‘Ikrimah bin ‘Ammar
§      Hammad bin al-Ja’di
§      Syuraik bin ‘Abdillah, al-qadhi
§      Abu Bakr bin ‘Ayyash
Dan masih banyak lagi jumlah mereka. Terkadang Muhammad bin Isma’il al-Bukhari mau mengutip (riwayat) dari mereka, namun Muslim bin al-Hajjaj meninggalkannya. Atau, (sebaliknya) Muslim mau mengutip dari mereka namun al-Bukhari meninggalkannya karena adanya perdebatan dalam (status) hadits-haditsnya atau perawi dimaksud fanatik berlebihan terhadap madzhabnya.

Syarth (standar periwayatan) Abu Dawud dan an-Nasa’i
Abu Dawud as-Sijistani, Abu ‘Abdirrahman an-Nasa’i, dan semua ulama’ lain yang mengikuti jejak mereka dalam periwayatan hadits, mengambil metode al-Bukhari dan Muslim tersebut diatas. Saya sudah menyebutkan – dalam Syarh ar-Risalah – semua perawi yang disepakati pengutipan riwayatnya oleh Muhammad bin Isma’il dan Muslim bin al-Hajjaj dalam kitab mereka berdua, ash-Shahihain. Juga para perawi yang hanya dikutip oleh al-Bukhari saja, namun tidak dikutip oleh Muslim bin al-Hajjaj; atau (sebaliknya) para perawi yang dikutip oleh Muslim saja namun tidak dikutip oleh al-Bukhari; atau salah satu dari mereka berdua mengutipnya (sebagai hadits utama dalam suatu bab) namun yang lain mengutipnya sebagai syahid (hadits penguat) saja.
Semua perawi dalam standar keduanya diatas dapat diterima menurut madzhab Abu Dawud as-Sijistani dan Abu ‘Abdirrahman an-Nasa’i, kecuali beberapa orang perawi saja, dimana kami akan sebutkan madzhab mereka berdua dalam menyikapinya, insya-Allah.
Saya mendengar Abu ‘Ali al-Husain bin ‘Ali an-Nisaburi berkata, “Di bawah kolong langit ini, tidak ada kitab yang lebih shahih dibanding kitab Muslim bin al-Hajjaj.”
Saya mendengar Muhammad bin Ya’qub al-Akhram – beliau menyebutkan suatu perkataan yang maknanya kurang lebih demikian: sedikit sekali hadits tsabit yang terlewat (yakni, tak dimuat) oleh al-Bukhari dan Muslim.
Saya mendengar Muhammad bin Sa’ad al-Barudiy, di Mesir, berkata, “Diantara madzhab an-Nasa’i adalah: mengutip hadits dari setiap perawi yang tidak ada kesepakatan untuk meninggalkan riwayatnya.”
Demikian pula yang dilakukan oleh Abu Dawud as-Sijistani, (yakni) beliau menerapkan metode yang serupa dengan an-Nasa’i diatas. Beliau juga mau mengutip dari isnad yang dha’if (lemah) karena – menurut beliau – riwayat semacam itu lebih kuat dibanding pendapat pribadi para ulama’.
3.       Thabaqat ketiga adalah para perawi yang telah disepakati ditinggalkan riwayatnya (matrukah bil ittifaq) oleh Muhammad bin Isma’il al-Bukhari, Muslim bin al-Hajjaj dan para ulama’ lainnya dikarenakan berbagai sebab. Thabaqat ini ditinggalkan riwayatnya mungkin karena banyaknya keraguan (katsratu al-wahm) dalam haditsnya, buruknya hafalan (su’u al-hifzhi), atau suatu ‘illat lain yang menimpa mereka belakangan sehingga mereka tidak konsisten dalam mengutip riwayat (mudhtharib), atau keadaannya tidak diketahui dengan jelas (al-jahalah), atau dicurigai berdusta (at-tuhmah), atau memang dikenal sebagai pembohong, yaitu:
§      ‘Ashim bin Abi an-Najud
§      ‘Amr bin Syu’aib
§      Yazid bin Abi Ziyad
§      Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Abi Layla
§      Laits bin Abi Sulaim
§      Shalih, maula at-Taw’amah
§      Mujalid bin Sa’id
§      ‘Atha’ bin as-Sa’ib
§      Fithr bin Khalifah
§      Ya’qub bin ‘Atha’
§      Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Ubaid bin ‘Umair al-Laitsi
§      ‘Abdurrahman bin Abi az-Zinad
§      Al-Hajjaj bin Dinar
§      Syihab bin Khirasy
§      Al-Jarrah bin Malih Abu Waki’
§      Qays bin ar-Rabi’
§      ‘Abdurrahman al-Mas’udi
§      (Dua bersaudara): Mandal, dan
§      Hibban bin ‘Ali – mereka seluruhnya adalah perawi yang majhul dan gharib (riwayatnya)
§      Qubaishah bin Halb
§      Ibnu at-Talb, mengutip riwayat dari ayahnya
§      ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin Aqram
§      Bahz bin Hakim, mengutip riwayat dari ayahnya: dari kakeknya
§      Husain bin ‘Abdullah bin Dhamirah – mereka semuanya adalah para perawi yang dicurigai mengutip riwayat-riwayat munkar
§      Al-Harits bin ‘Abdullah al-A’war
§      Syarahbil bin Sa’ad
§      Syu’bah, maula Ibnu ‘Abbas t
§      Syahr bin Hausyab
§      Yazid bin Aban ar-Raqqasyi
§      Ziyad bin Maimun
§      Jabir al-Ju’fi
§      Musa bin ‘Ubaidah
§      Yahya bin Abi Anisah
§      Abu al-‘Athuf
§      ‘Abbad bin Katsir
§      ‘Amr bin Shuhban
§      ‘Abdullah bin Muharrar
§      Shalih bin Basyir al-Murriy
§      Haram bin ‘Utsman
§      Hisyam bin Abi al-Miqdam
§      Salim al-Khayyath
§      ‘Amr bin ‘Ubaid
§      Khalid bin Majdu’
§      ‘Utsman bin Miqsam
§      Musa bin Dahqan Bashri
§      ‘Amr bin Tsabit
§      ‘Isa bin Abi ‘Isa
§      Zam’ah bin Shalih
§      Muhammad bin ‘Ubaidillah al-‘Arzami
Dan, masih banyak lagi yang serupa dengan mereka. Kami cukupkan disini dengan menyebutkan sebagian orang saja, dan kami cenderung untuk meringkas serta memperpendek (uraiannya). Wabillahi at-taufiq!

Perawi yang termasyhur sebagai pemalsu sanad dan matan
Orang-orang yang dikenal luas sebagai pemalsu sanad dan matan, adalah:
§      ‘Abdullah bin Miswar
§      ‘Amr bin Khalid
§      Abu Dawud an-Nakha’i
§      Sulaiman bin ‘Amr
§      Ghiyats bin Ibrahim
§      Muhammad bin Ziyad al-A’rabi
§      Muhammad bin Sa’id asy-Syami
§      ‘Abdul Quddus bin al-Habib
§      Ghalib bin ‘Abdillah al-Jazari
Saya mendengar Ahmad bin Muhammad bin Ziyad al-A’rabi berkata: Muhammad bin Isma’il at-Tirmidzi menyampaikan kepada kami, ia berkata: saya mendengar Nu’aim bin Hammad berkata: saya mendengar Ibnu Mahdi berkata: saya bertanya – atau, Syu’bah ditanya tentang perawi yang riwayatnya ditinggalkan (matruk), maka beliau menjawab, “Jika ia meriwayatkan hadits dari sumber yang dikenal namun riwayatnya itu tidak dikenal oleh para perawi yang sudah dikenal, dan ia sering mengutip yang semacam ini, maka haditsnya dibuang saja. Siapa saja yang sangat sering keliru (dalam mengutip hadits), maka riwayatnya ditinggalkan. Siapa saja yang meriwayatkan hadits yang keliru (ghalath) yang sudah disepakati (kekeliruannya), namun ia tetap saja mengutipnya, maka haditsnya ditinggalkan. Juga (tinggalkan riwayat dari) perawi yang dicurigai berdusta. Adapun selain mereka itu, maka kutiplah riwayat dari mereka.”
Abu Musa Muhammad bin al-Mutsanna berkata: Ibnu Mahdi berkata kepadaku, “Hai Abu Musa, penduduk Kufah mengutip riwayat dari sembarang orang.” Aku berkata, “Wahai Abu Sa’id, mereka (juga) mengatakan bahwa Anda mengutip riwayat dari sembarang orang.” Beliau bertanya, “Dari siapa saya mengutip riwayat?” Lalu, aku menyebut nama Muhammad bin Rasyid. Beliau berkata, “Ingatlahi dariku (hal ini)! Perawi itu ada tiga macam. [Pertama], orang yang hafizh lagi mutqin, maka yang seperti ini tidak diperdebatkan lagi. [Kedua], orang yang ragu-ragu namun mayoritas hadits (yang dikutip)-nya shahih, maka yang seperti ini tidak ditinggalkan. Sebab, jika hadits yang disampaikan orang semacam ini ditinggalkan, pasti habislah hadits (yang dimiliki) semua orang. [Ketiga], orang yang ragu-ragu dan mayoritas hadits (yang dikutip)-nya (diwarnai) keragu-raguan, maka yang seperti inilah yang ditinggalkan.”
Dalam keseluruhan hal yang telah kami paparkan tentang para perawi hadits diatas kiranya cukup bagi siapa saja yang ingin mengenal dan meneliti keadaan mereka. Kami akan sebutkan keadaan para perawi hadits dalam syarh (nanti), demikian pula peringkat mereka dalam mengambil serta mendengar hadits, berikut jarh dan ta’dil-nya, dimana hal itu pasti mencukupi bagi siapa saja yang menengoknya, bila Allah berkehendak untuk membimbingnya. Wabillahi at-taufiq!
Wa ba’du, semoga Allah mengasihi Anda!
Andai bukan karena apa yang telah sampai riwayatnya kepada kami dari Nabi pilihan Muhammad r, tentang pengetatan dalam mengutip riwayat dari beliau; juga apa yang telah dinyatakan oleh Kitabullah tentang keharusan memverifikasi (at-tatsabbut) kesaksian orang yang dicurigai berbohong, juga kesediaan menerima (kesaksian) orang yang ‘adil dan layak diridhai, kemudian (menerima kesaksian) dari para sahabat yang telah dipilih (oleh Allah) untuk mendampingi Nabi r, juga para tabi’in yang hidup setelah mereka; dimana mereka sering menahan diri (tawaqquf) dan bersikap ketat dalam masalah (pengutipan hadits Nabi r) ini; dan kami pun mendapati sekelompok ahli ilmu di belakang mereka membatasi diri hanya mau mengutip berita-berita yang menurut mereka valid (tsabitah-shahihah) – yakni riwayat-riwayat yang berasal dari para perawi tsiqah, dikenal jujur serta amanah, sehingga mereka mau mengutipnya; dan mereka mencampakkan banyak sekali hadits yang dha’if dan riwayat-riwayat yang munkar – (andai bukan karena itu) – sungguh saya tidak akan berani untuk (menulis kitab) ini. Namun, dalam masalah ini, saya mencontoh orang-orang yang sudah saya sebutkan di bagian awal kitab ini, dan akan saya sebutkan kembali mereka itu dalam syarh-nya (nanti), insya-Allah.

Peringkat para sahabat dalam masalah ilmu, kemampuan memutuskan perkara, dan bacaan Al-Qur’an
Muslim bin ‘Aqil memberitahu kami, ia berkata: Muhammad bin ‘Utsman bin Abi Syaibah menyampaikan kepada kami, ia berkata: aku mendengar ‘Ali bin al-Madini berkata, “Ada dikatakan: bahwa hakim (qadhi) umat itu adalah empat, (yaitu): ‘Umar bin al-Khaththab, ‘Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Tsabit, dan Abu Musa, radhiyallahu ‘anhum.
‘Ali (bin al-Madini) juga berkata, “Keputusan hukum (al-qadha’) di kalangan sahabat Rasulullah r itu berada di tangan enam orang ini, (yaitu): ‘Umar, ‘Ali, ‘Abdullah (bin Mas’ud), Zaid bin Tsabit, Abi Musa, dan Ubayy bin Ka’ab, radhiyallahu ‘anhum ajma’in.
‘Ali berkata: Mutharrif berkata: dari asy-Sya’bi, “Bagi penduduk Kufah, cukuplah sudah ‘Ali, ‘Abdullah dan Abu Musa, radhiyallahu ‘anhum.”
‘Ali berkata, “Para sahabat Rasulullah r itu saling memberi petunjuk satu sama lain. Dan, orang-orang biasanya mengambil (ilmu) dari enam orang ini, (yaitu); ‘Umar, ‘Ali, ‘Abdullah, Abu Musa, Ubayy bin Ka’ab, dan Zaid bin Tsabit, radhiyallahu ‘anhum.”
‘Ali berkata: aku bertanya kepada asy-Sya’bi, “Apakah ilmu ini ada pada Abu Musa?” Dijawab, “Beliau seorang yang faqih.”
[‘Ali berkata], “Di kalangan para sahabat Rasulullah r tidak ada yang dianut madzhab-nya, dipegangi fatwanya, dan diikuti metodenya selain tiga orang ini, (yaitu): ‘Abdullah bin Mas’ud, Zaid bin Tsabit, dan ‘Abdullah bin ‘Abbas, radhiyallahu ‘anhum.”

Peringkat para tabi’ian dalam hal tersebut diatas
1.       Murid-murid Ibnu Mas’ud t yang mengikuti fatwa beliau dan membaca Al-Qur’an menurut qira’at beliau, adalah:
§      ‘Alqamah bin Qays
§      Al-Aswad bin Yazid
§      Masruq bin al-Ajda’
§      ‘Abidah bin ‘Amr
§      Al-Harits bin Qays
§      ‘Amr bin Syarahbil
‘Ali (bin al-Madini) berkata: Muhammad bin Sirin berkata, “Murid-murid Ibnu Mas’ud t itu ada lima. Sebagian orang ada yang menomorsatukan ‘Abidah dan menomorduakan al-Harits, namun sebagian yang lain memulai dari al-Harits dan menomorduakan ‘Abidah; baru setelahnya Masruq, ‘Alqamah, danSyuraih bin Hani’. Masing-masing dari mereka memiliki cacat. Al-Harits itu buta sebelah matanya (al-a’war); demikian juga ‘Abidah; Masruq itu bungkuk (al-ahdab); ‘Alqamah itu – menurut orang-orang – lumpuh tidak dapat berjalan (al-muq’ad); sementara Syuraih itu tidak lengkap giginya (al-kawsaj).”
‘Ali berkata, “Demikianlah yang diriwayatkan oleh Ibnu Sirin. Beliau menyatakan mereka ada lima, dan memasukkan ke dalamnya Syuraih bin Hani’, al-Harits al-A’war dan pamannya – dari pihak ibu – Ibrahim an-Nakha’i.”
‘Ali berkata, “Menurut saya, Ibrahim an-Nakha’i adalah orang yang paling mengerti perihal murid-murid Ibnu Mas’ud t dan juga yang paling akrab dengan mereka. Murid-murid Ibnu Mas’ud yang mengajarkan bacaan Al-Qur’an dan berfatwa ada enam, (yaitu): ‘Alqamah, al-Aswad, Masruq, ‘Abidah, ‘Amr bin Syarahbil, dan al-Harits bin Qays.”
‘Ali berkata, “Saya lihat Ibnu Sirin hanya bermaksud menyebutkan al-Harits bin Qays saja, sebab saya telah memeriksa ternyata al-A’war tidak mengikuti jalan ‘Abdullah t, sebab riwayat dan madzhab-nya lebih condong kepada ‘Ali t. Saya juga tidak mengetahui beliau mengutip hadits dari ‘Abdullah kecuali dua saja, salah satunya tidak sama dengan (yang dikutip oleh) perawi lain.”
2.       Thabaqat kedua adalah para murid dari enam murid ‘Abdullah t diatas, yang mengikuti pendapat mereka dan mengambil fatwanya, (yaitu):
§      Ibrahim bin Yazid an-Nakha’i; beliau telah menjumpai – diantara keenam orang diatas – al-Aswad bin Yazid, ‘Alqamah, Masruq, ‘Abidah bin ‘Amr; namun tidak sempat mendengar langsung dari al-Harits; tidak juga dari ‘Amr bin Syarahbil, namun beliau mengutipnya melalui Hammam.
§      ‘Amir asy-Sya’bi; telah mendengar langsung dari mereka semuanya, kecuali al-Harits, sebab al-Harits ini terbunuh bersama (pasukan) ‘Ali bin Abi Thalib t.
[Sedangkan] orang yang paling mengerti terhadap ilmu mereka – diantara penduduk Kufah – dan yang mengambil fatwa serta menganut mazhab mereka dalam masalah qira’at dan lain-lain, adalah:
§      Al-A’masy, dan
§      Abu Ishaq
Al-A’masy adalah orang yang paling tahu terhadap (murid-murid Ibnu Mas’ud t) diatas, kecuali satu orang saja, sebab beliau tidak sempat menjumpai yang satu ini – [mungkin, maksudnya al-Harits]. Sementara itu, Abu Ishaq sempat menjumpai al-Aswad, Masruq, ‘Abidah, dan ‘Amr bin Syarahbil; namun tidak menjumpai ‘Alqamah dan al-Harits bin Qays.
Dan, setelah mereka semuanya, adalah:
§      Sufyan bin Sa’id ats-Tsauri, dimana beliau menganut madzhab Ibnu Mas’ud t dan mengambil fatwa-fatwanya.
Setelah Sufyan, adalah:
§      Yahya bin Sa’id al-Qaththan, dimana beliau menganut madzhab Sufyan dan juga murid-murid ‘Abdullah t.
3.       Murid-murid Ibnu ‘Abbas t. ‘Ali berkata, “Murid-murid ‘Abdullah bin ‘Abbas yang menganut madzhab dan mengikuti metode beliau adalah:
§      ‘Atha’ bin Abi Rabah
§      Thawus
§      Mujahid
§      Jabir bin Zaid
§      ‘Ikrimah
§      Sa’id bin Jubair
Yang paling pandai dan paling kuat riwayatnya adalah Sa’id. Adapun orang yang paling menguasai ilmu keenam orang ini adalah:
§      ‘Amr bin Dinar, dimana beliau telah menjumpai mereka. Beliau juga sangat mencintai Ibnu ‘Abbas t dan murid-muridnya. [Lalu],
§      Ibnu Juraij, dan
§      Sufyan bin ‘Uyainah, mereka berdua juga sangat mencintai Ibnu ‘Abbas dan metodenya.
Ibnu Juraij mendengar riwayatnya dari Thawus, Mujahid dan ‘Atha’; namun tidak sempat menjumpai Jabir bin Zaid, ‘Ikrimah dan Sa’id bin Jubair.
4.       Murid-murid Zaid bin Tsabit t. Murid-murid beliau yang mengambil ilmu dan fatwa beliau, sebagian ada yang bertemu langsung dengan beliau dan sebagian lagi tidak. Jumlahnya ada duabelas [?] orang, yaitu:
§      Sa’id bin al-Musayyab
§      ‘Urwah bin az-Zubair
§      Qubaishah bin Dzu’aib
§      Kharijah bin Zaid bin Tsabit
§      Sulaiman bin Yasar
§      Aban bin ‘Utsman bin ‘Affan
§      ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah
§      Al-Qasim bin Muhammad
§      Salim bin ‘Abdullah
§      Abu Bakr bin ‘Abdurrahman
§      Abu Salamah bin ‘Abdurrahman
§      Thalhah bin ‘Abdullah bin ‘Auf
§      Nafi’ bin Jubair
Orang-orang yang sempat berjumpa dengan Zaid dan – menurut kami – perjumpaannya itu benar-benar terbukti, adalah: Sa’id bin al-Musayyab, ‘Urwah bin az-Zubair, Qubaishah bin Dzu’aib, Kharijah, Aban bin ‘Utsman, dan Sulaiman bin Yasar. Adapun orang-orang selebihnya, maka – menurut yang kami terima (beritanya) – tidak terbukti sempat mendengar secara langsung dari Zaid; hanya saja mereka menganut madzhab beliau dalam fiqh dan ilmu.
Setelah orang-orang tersebut, tidak ada lagi ulama’ Madinah yang lebih mengerti terhadap ilmu mereka selain:
§      Ibnu Syihab az-Zuhri
§      Yahya bin Sa’id al-Anshari
§      Abu az-Zinad
§      Bukair bin ‘Abdillah al-Asyajj
Kemudian, tidak ada lagi yang lebih tahu ilmu mereka dan juga menganut madzhab-nya selain:
§      Malik bin Anas
Dan, setelah Malik adalah:
§      ‘Abdurrahman bin Mahdi, dimana beliau menganut madzhab dan mengikuti metode mereka.
‘Ali (bin al-Madini) berkata, “Orang yang paling tahu terhadap (ilmu) dan metode murid-murid Ibnu Mas’ud t di kalangan penduduk Kufah adalah Ibrahim an-Nakha’i, dan setelah itu ‘Amir asy-Sya’bi.” Wallahu a’lam.
Selesailah risalah ini, dengan (menghaturkan) segala puji untuk Allah, atas segenap pertolongan serta taufiq terbaik yan diberikannya. Wal-hamdu lillahi wahdahu. []

-----------------------------
*) naskah ini selesai diterjemahkan pada: 04-03-1431 / 18-02-2010


Link terkait:
Bagian 1