Dimana kau tinggalkan adab?



Bismillahirrahmanirrahim

Dalam Siyaru A'lamin Nubala', al-Hafizh adz-Dzahabi mengutip kisah Isma’il Ibnu binti as-Suddi bersama Imam Malik bin Anas. Kisah ini diceritakan sendiri oleh Isma'il:

"Saya sedang berada di majlis Malik, lalu beliau ditanya tentang suatu hal fardhu, dan beliau menjawabnya dengan merujuk pendapat Zaid (bin Tsabit). Maka, saya pun bertanya, “Bagaimana pendapat ‘Ali dan Ibnu Mas’ud dalam masalah ini?” Beliau pun memberi isyarat kepada para pembantunya. Tatkala mereka menuju ke arah saya, saya pun melarikan diri dan mereka tidak mampu mengejar saya. 

Mereka berkata, “Apa yang akan kita lakukan dengan buku-buku dan tempat tintanya?” Beliau menjawab, “Carilah dia dengan lemah-lembut.” Maka, mereka pun mendatangi saya, dan saya pergi bersama mereka. Malik berkata, “Darimana asalmu?” Saya menjawab, “Dari Kufah.” Beliau berkata, “Dimana engkau tinggalkan adab?” Saya menjawab, “Saya bertanya hanya untuk mendapatkan tambahan keterangan.” 

Beliau berkata, “Sungguh keutamaan ‘Ali dan ‘Abdullah (bin Mas’ud) tidak bisa diingkari, namun penduduk negeri kami berpegang pada pendapat Zaid bin Tsabit. Jika engkau berada di tengah-tengah suatu kaum, maka jangan engkau memulai untuk mereka dengan sesuatu yang tidak mereka kenal, sehingga mereka pun memulai untukmu dengan sesuatu yang tidak engkau senangi.”


[*] Dikutip dari: Siyaru A’lamin Nubala’, XI/177